Kegiatan Maulid Nabi

 

Meskipun sudah memasuki pekan ketiga di bulan Rabi’ul Awal 1441 H, semarak kegiatan maulid Nabi Muhammad S.A.W masih terus terasa dan tampak di berbagai wilayah tanah air, baik di kampung-kampung, masjid-masjid, perkantoran-perkantoran, maupun di sekolah-sekolah. Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang selalu diperingati oleh sebagian besar ummat Islam biasanya dimulai sejak malam tanggal 12 Rabi’ul Awwal terus secara bergantian selama empat bulan ke depan sampai memasuki bulan Rajab. Hal ini sudah menjadi sebuah kegiatan tahunan yang menunjukkan kecintaan ummat Islam kepada nabinya.

Di antara sekian banyak tempat yang menyelenggarakan kegiatan peringatan maulid nabi adalah Yayasan Titian Ilmu Bekasi khususnya unit pendidikan SMP dan SMK Bisnis Informatika. Lembaga pendidikan yang sudah berusia 20 tahun ini, kembali merayakan peringatan maulid Nabi Muhammad S.A.W pada hari Rabu, 21 Desember 2019 yang lalu atau bertepatan dengan tanggal 23 Rabi’ul Awwal 1441 H. Selain dihadiri oleh lebih dari 500 peserta didik putra dan putri serta dewan guru, kegiatan ini dihadiri pula oleh para tamu undangan seperti Orang Tua Siswa, Pemuka Agama serta stake holder lainnya.

Tema kegiatan peringatan maulid kali ini adalah “Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.AW Kita Wujudkan Generasi Millenial yang Religius dan Tangguh dalam mengahadapi Tantangan Zaman”. Tema ini menjadi penting karena para peserta didik saat ini mereka hidup di abad 21 yang dikenal dengan era millenial yang merupakan abad revolusi industri gelombang ke-4. Dimana pada era ini perkembangan dan kemajuan IPTEK khususnya informasi sudah demikian maju dan cepatnya seolah tidak bisa dibendung lagi. Untuk itu tidak hanya dibutuhkan kompetensi namun juga dibutuhkan imunnity (kekebalan) agar generasi muda -khususnya- mempunyai daya tangkal terhadap kemajuan zaman yang justeru membawa kemunduran pada perkembangan kharakter mereka. Salah satu upaya itu adalah dengan kembali meneladani kepada sosok agung, yang namanya menjadi besar karena dibesarkan oleh yang Maha Besar dialah Nabi Muhammad S.A.W.

Adapun tujuan dari SMP-SMK Bisnis Informatika menyelenggarakan kegiatan maulid Nabi Muhammad S.A.W tahun 1441 H adalah :

  • Sebagai media silaturrahim keluarga besar Yayasan Titian Ilmu Bekasi
  • Untuk membuka kesempatan bagi peserta didik untuk belajar berorganisasi dalam mensukseskan sebuah acara.
  • Sebagai motivasi bagi para peserta didik untuk meningkatkan potensi diri agar menjadi lebih baik.
  • Sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW.

Untuk lebih memperluas cakrawala dan khasanah keislaman para peserta didik dan kecintaan mereka kepada Nabi Muhammad S.A.W, maka diundanglah penceramah dari luar yang diharapkan dapat memberikan pencerahan dan ilmunya. Kali ini penceramah yang diundang adalah K.H Hilman Mubarok atau biasa dikenal dengan “Kiyai Rhoma Muda”.

Salah satu yang menjadi isi taushiyah Kiyai Rhoma Muda adalah mengajak para peserta didik dan jamaah pada umumnya untuk meneladani pribadi agung Nabi Muhammad S.A.W dan senantiasa bershalawat kepada beliau serta mengikuti sunnah-sunnahnya. Nabi Muhammad S.A.W adalah “orang Besar” yang dibesarkan oleh yang Maha Besar, yang kebesarannya diakui oleh seluruh dunia. Beliau juga menyampaikan kepada jamaah, khususnya kepada peserta didik jangan sampai diperbudak oleh setan gepeng yaitu hand phone. Jangan sampai terjadi mau makan lihat hand phone, mau tidur lihat hand phone, bangun tidur lihat hand phone, mau apapun yang diingat dan dilihat selalu hand phone.


Semoga perayaan atau peringatan maulid Nabi Muhammad S.A.W kali ini dan seterusnya tidak hanya sekedar rutinitas tahunan saja, namun harus membawa dampak pada pembentukan karakter dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik serta terciptanya lingkungan belajar yang penuh berkah dan ampunan Allah S.W.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *